Kamis, 10 Januari 2013

Berkasih Sayang Sesama Mukmin

Salam GMP!!..
Become to be Leader!!..

Berkasih Sayang Sesama Mukmin

Allah pernah berfirman dalam surah al-fath ayat 49 sebagai berikut :
"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya"

pada ayat yang disebutkan diatas disebutkan bahwasanya orang-orang yang bersama-sama berjuangan menegakan dien islam bersama rasul adalah mereka yang berkasih sayang sesama mukmin dan bersifat keras terhadap orang-orang kafir, akan tetapi yang akan dibahas ditulisan ini adalah bagaimana berkasih sayang sesama mukmin dan fenomenanya.

Salah satu kunci sukses dakwah rasul di yastrib dan mekah adalah dengan rasa kasih sayang, rasul selalu menyayangi umatnya melebihi beliau menyayangi diri beliau sendiri.

Ada satu kisah seru tentang kasih sayang sesama mukmin, suatu ketika rasul dan para sahabatnya berada di Majlis Ta'lim, ketika itu rasul berkata "wahai para sahabatku sebentar lagi seorang ahli surga akan datang melewati Majlis Ta'lim ini"

Seketika itu pula sang ahli surga tersebut lewat dan tiba-tiba setelah Majlis Ta'lim tersebut selesai salah satu sahabat yang ada di Majlis Ta'lim tersebut mengikuti gerak-gerak sang ahli surga tadi dan saking penasarannya dia pun sampai rela berbohong demi mendapatkan informasi tentang sang ahli surga tersebut.

Ketika itu sahabat tersebut berkata seperti ini, "wahai saudaraku izinkanlah aku menginap disini dikarenakan aku sedang ada masalah dengan istriku yang ada dirumah" dan sang ahli surga pun menjawab "Oke silahkan"..

Selang tiga hari kemudian, sang sahabat berfikir untuk bertanya langsung kepada orang tersebut, orang yang dijuluki oleh rasul sang ahli surga, akhirnya sahabat tersebut bertanya "wahai saudaraku maafkan aku, aku telah berbohong sebelumnya sebenarnya aku tidak ada masalah dengan isitriku dirumah, rasul berkata padaku bahwasanya engkau adalah ahli surga tapi setelah aku amati selama tiga hari engkau itu ibadahnya tidak lebih baik dari aku, wahai saudaraku sebenarnya apa yang membuat rasul sampai menggelari dirimu sang ahli surga"..

akhirnya sang ahli surga tersebut tersenyum dan menjawab seperti ini "sebenarnya sebelum aku tidur aku selalu memohon ampun kepada allah atas apa-apa yang telah aku perbuat terhadap sahabat-sahabatku yang pernah aku temui dalam keseharianku dan aku juga selalu memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah diperbuat oleh sahabatku"..

Setelah peristiwa tersebut sahabat tersebut hadir kembali di Majlis Ta'lim dan menceritakan semuanya kepada rasul dan rasulpun membenarkan hal trersebut bahwasanya berkasih sayang sesama mukmin itu merupakan kewajiban yang harus dijalankan.

Oleh karena itu jika kita ingin hidup dilingkungan yang indah seperti dikehidupannya rasul berkasih sayanglah terhadap sesama saudara kita yang mukmin dan cintailah mereka melebihi kamu mencintai dirimu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar