Selasa, 09 April 2013

PENCIPTAAN MANUSIA Part I


Assalamu’alaikum wr.wb

Perkenalkan nama saya Riski, di postingan kali ini saya ingin membahas tentang proses awal manusia. Apakah pernah kawan-kawan berfikir kenapa kita diciptakan oleh Allah ??? Saya sedikit akan berbagi dengan kawan semua, namun tidak bisa semua saya posting sekaligus. Saya akan bagi dalam beberapa tahap postingan ^_^ Harap maklum ...
Hhehe (masih belajar).

Bismillaaahirrahmaaanirrohiiim.
Pernahkah terbayangkan untuk apa Allah menciptakan manusia di bumi ? Inilah salah satu potongan ayat yang menjelaskan mengapa Allah menciptakan manusia di bumi.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Q.S Al- Baqarah ayat 30)

Yupz, inilah salah satu alasan mengapa Allah menciptakan manusia. Manusia diperintahkan oleh Allah untuk menjadi seorang khalifah. Apa sih sebenarnya khalifah itu ? menurut pendapat saya, khalifah adalah wakil yang diturunkan oleh Allah dimuka bumi untuk menjaga dan merawat bumi agar senantiasa damai dan sejahtera serta berpegang teguh pada sebuah aqidah, yaitu ISLAM. Sebenarnya tugas seorang khalifah bukan hanya terbatas pada menjaga dan merawat bumi, namun juga untuk mengajak umat manusia agar menjadi umat yang selamat dunia dan akhirat melalui naungan agama ISLAM. Salah satu cara untuk mengajak umat untuk menegakkan ISLAM adalah dengan cara berdakwah. Cara kita berdakwah tidak harus memakai sarung, sorban, dll. Namun memakai pakaian non formal pun bisa, dakwah biasanya lebih enak  dilakukan dengan pendekatan secara personal seperti sharing, kajian ilmu, dan masih banyak lagi caranya. Oke kita back to basic bahasan tentang penciptaan.

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Q.S Adz-Dzariyat ayat 56)

Menurut saya definisi kata “mengabdi” dalam ayat diatas adalah beribadah kepada Allah. Mengabdi kepada Allah disini bukan hanya dalam makna sholat, zakat, dan puasa. Tapi kata ibadah dalam artian luas, seperti membantu orang lain, mengajak orang lain ke jalan Allah, bersedekah, mengabdi kepada orang tua dan masih banyak lagi. Mungkin, untuk tahap awalnya hanya sedikit yang dapat saya share dengan kawan-kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar